Borobudur Extraction Center

BEC ( BOROBUDUR EXTRACT CENTER ) adalah proses dimana rempah- rempah pilihan akan proses menjadi rempah yang berbentuk ekstrak.

BEC telah menggunakan mesin berteknologi canggih buatan Jerman,dan kami telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001 : 2015 dan Good Manufacturing Practices (GMP) / CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Benar) – BPOM.

Pada tahap ini  BEC menggunakan 3 tahapan dalam proses ekstraksi yaitu  Perkolasi, Evaporasi dan Drying.

Perkolasi bertujuan untuk mengambil sari / kandungan bahan aktif dari rempah – rempah dengan menggunakan pelarut yang sesuai sehingga didapat ekstrak cair.

Proses ini dilakukan secara berkesinambungan sehingga menjamin kandungan bahan aktifnya optimal. Sehingga mutu dan jaminan kualitas adalah hal yang paling utama untuk mendapatkan produk yang berkualitas dan berkhasiat yang sangat baik.

Setelah proses perkolasi maka dilanjutkan dengan proses Evaporasi yang bertujuan untuk menguapkan pelarut dan mengentalkan ekstrak cair menjadi ekstrak kental.

Proses evaporasi menggunakan system evaporasi 2 tahap (double stage) sehingga lebih efisien dan prosesnya lebih cepat. Mutu, kualitas dan khasiat rempahnya pun akan tetap terjaga dengan sangat baik.

Ekstrak kental dari proses evaporasi kemudian dikeringkan di mesin Vacuum Belt Dryer (VDB) sehingga menjadi ekstrak kering.

Ekstrak kering ini nantinya akan diproses menjadi berbagai bentuk sediaan obat tradisional seperti kapsul dan tablet.

Pada tahun 2010, ekstrak kering dan ekstrak kental BEC telah memperoleh sertifikat CPOTB dari BPOM sehingga menjamin kualitas dan higienitas dari produk BEC. Tak diragukan lagi proses BEC sangat terjamin Mutu dan kualitas dari  setiap produk yang kami produksi.

Borobudur Extraction Center telah memproduksi lebih dari 50 jenis ekstrak yang banyak digunakan oleh perusahaan farmasi atau obat tradisional. Ekstrak hasil produksi BEC selain digunakan untuk memenuhi kebutuhan internal dari PT Industri Jamu Borobudur, juga telah dipergunakan oleh perusahaan lain antara lain PT. Tempo Tbk. (Indonesia), Asia Botanicals (Malaysia), Beauty Nation (Malaysia) dan Biotranziit, Ltd (Jerman).